- 5 Makna
kegiatan ginerik harian.
21.00 – 04.30 = tidur
04.30 – 05.00 = bangun solat subuh ,mandi ,makan
05.00 – 05.15 = beresin tempat tidur ,nganter ba kerja
05.15 – 07.00 = mandiin adi ,terus nganter adik ke skolah
07.00 – 09.30 = nonton tv
09.30 – 10.00 = masih nonton tv
10.00 – 12.00 = beres beres bantuin orantua di dapur
12.00 – 13.00 = solat,makan,jemput adik
13.00 – 15.00 = istirahat
15.00 – 17.00 = beres beres ,solat ashar ,mandi
17.00 – 17.30 = main volly
17.30 – 19.00 = solat magrib ,makan malam ,
19.00 – 20.30 = nonton tv
20.30 – 21.00 = facebookan
Merancang kegiatan generik harian IDEAL
21.00 – 04.30 = tidur ,dan bangun
04.30 – 04.45 = mandi ,beresin tempat tidur
04.45 – 05.00 = solat subuh
05.00 – 05.30 = joging
05.30 – 06.00 =belajar
06.00 – 07.00 = sarapan
07.00 – 07.30 = nganterin adik sekolah
07.30 – 10.00 = kuliah
10.00 – 10.15 =istirahat
10.15 – 12.00 =kuliah
12.00 – 13.00 = isoma
13.00 – 17.00 =kuliah
17.00 – 17.30 = mandi ,
04.30 – 04.45 = mandi ,beresin tempat tidur
04.45 – 05.00 = solat subuh
05.00 – 05.30 = joging
05.30 – 06.00 =belajar
06.00 – 07.00 = sarapan
07.00 – 07.30 = nganterin adik sekolah
07.30 – 10.00 = kuliah
10.00 – 10.15 =istirahat
10.15 – 12.00 =kuliah
12.00 – 13.00 = isoma
13.00 – 17.00 =kuliah
17.00 – 17.30 = mandi ,
17.30 – 20.30 =main ,solay magrib ,dan makan malam
20.30 – 21.00 = belajar ,dan tidur
Merancang cara belajar mandiri
20.30 – 21.00 = belajar ,dan tidur
Merancang cara belajar mandiri
a. Lama
- Identifikasi judul bahasan pembelajaran
- Studi pustaka
- pemahaman
b. Baru
- Fase Identifikasi : mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran Modul sesuai dengan materi yang akan diajarkan
- Fase Mengakses : mengakses pengetahuan terdahulu yang dimilikinya dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang sudah diketahui oleh siswa yang berkaitan dengan topik bahasan.
- Fase Menyelidiki (Exploe) : menyelidiki tentang pengetahuan terdahulu yang telah diketahuinya. Selanjutnya mengoreksi apakah pengetahuan tersebut sudah benar, setengah benar, atau salah. Perlu diskusi dengan rekan dan instruktur untuk validasi pemahaman. Pada tahap ini instruktur berperan sebagai fasilitator. Dilanjutkan dengan mempelajari materi baru.
- Fase Menjelaskan (Explain) : memperkenalkan konsep baru yang berkaitan dengan konsep pada fase eksplorasi dan memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pemahaman baru dengan pengetahuan terdahulu. Instruktur harus mendorong siswa untuk menjelaskan konsep dengan kalimat mereka sendiri dengan saling menghargai dan mendengarkan.
- Fase Merinci (Elaborate) : menerapkan pemahaman baru pada konteks yang berbeda. Hal itu bisa dilakukan dengan cara memberikan tantangan atau latihan soal tentang pemahaman baru tersebut dan
- Fase Evaluasi : menilai diri sendiri atas hasil belajar yang telah dilakukan.
0 komentar:
Posting Komentar